Peran Penting Alat Instrumentasi Industri

Diposting pada
Alat instrumentasi industri adalah alat atau device untuk mengukur dan mengendalikan sistem. Sedangkan dalam dunia kelistrikan, ini lebih ditujukan pada suatu alat yang menghantarkan listrik lalu menjadi hal yang lebih bermanfaat.
Alat Instrumentasi Industri

Alat Instrumentasi Industri

Mengenali Peralatan Kontrol Pada Alat Instrumentasi Industri

Dibidang industri lain lagi, alat instrumentasi ini biasanya lebih di manfaatkan untuk suatu manfaat yang lebih besaryaitu penggunaannya untuk industri.
Tujuan dari diadakannya instrumentasiindustri itu sendiri juga untuk mendapatkan informasi atau tujuan yang lebih penting, yang mana dapat dikelompokkan menjadi:
  1. Pressure
  2. Temperature
  3. Flow
  4. Volume
  5. Resistan, dan lain-lain.

Sebagian masyarakat tentunya belum mengetahui akan hal ini, namun untuk orang-orang yang bergerak dibidang industridan kelistrikan, tentu saja ini menjadi hal yang umum.

Namun hal yang orang industri sering lupa adalah tentang peralatan kontrol pada alat instrumentasi ini.
Peralatan kontrol pada alat instrumentasi industri antara lain sebagai berikut:
  • Field Instrument
  • Actuator
  • Controller
  • PLC
  • DCS

Dari ke semuanya yang saya sebutkan di atas tentunya memiliki sistem dan fungsi yang berbeda-beda ya?!

Salah satu manfaat jika mengetahui dasar dari instrumentasi pada bidang industri adalah pemahaman akan proses pengukuran dan kontrol atau pengendalian.
Sebagai contoh, di dalam suatu industri kimia terdapat bermacam-macam reaksi kimia yang harus kamu ukur dan dikendalikan: suhu, campuran bahan, volume, tekanan, derajat keasaman, dan lain-lain, sedangkan di dunia industri baja dan logam, kamu harus mengetahui ukuran suhu yang tinggi harus diukur secara tepat menggunakan alat pengukur elektronik agar bisa mengendalikan proses pengepresan logam pada ketebalan yang sudah ditentukan.
Mereka umumnya adalah bagian dasar alat instrumentasi, yang mana umumnya di gunakan dalam setiap bidang industri. Pada dasarnya, peralatan pengukur atau alat instrumentasi industri secara elektronik ini merupakan bagian dasar dari instrumentasi yang digunakan hampir di semua bidang industri.

Variabel Di Bidang Alat Instrumentasi Industri

Di bidang instrumentasi, tidak hanya diaplikasikan untuk keperluan industri kimia dan industri baja saja, melainkan kamu bisa menggunakan alat instrumentasi industri untuk pembuatan mobil.
Lalu digunakan di pabrik kertas, pabrik makanan, pabrik gula, digunakan untuk instrumentasi alat kedokteran dan jugauntuk pabrik produksi alatelektronik itu sendiri yang meliputi:
  • Pabrik sirkuit terpadu atau chpi,
  • Pabrik perakitan motor,
  • Pabrik pembuatan komputer,
  • Pembuatan gawai atau telepon genggam, dan lain sebagainya.

Pada bidang instrumentasi terdapat bentuk variabel fisis (fisika) dan kimia yang memiliki fungsi sebagai dasar kendali pada proses instrumentasi.

Variabel tersebut terdiri atas.
  1. Kecepatan aliran.
  2. Temperatur atau suhu.
  3. Tekanan.
  4. Levelatau ketinggian cairan.
  5. Konduktivitas.
  6. Kekentalan (viskositas)dan kepadatan benda.

4 Langkah Penting Di Bidang Alat Instrumentasi Industri

Peralatan yang terdapat di bidang industri, seperti Temperature KontrolVale, TemperatureTransmiter, dan Temperatur Controller yang menjalankan 4 langkah pengontrolan dalam sistem kontrol instrumentasi.
Sehingga menghasilkan sistem kendali otomatis dan bisa mengurangi peran manusia dalam proses untuk mencegah human error.
Selain itu, tidak hanya besaran temperatur saja yang dikontrol di dalam instrumentasi, melainkan terdapat 4 besaran yang dikenal sebagai proses penting, yaitu:
  • Tekanan.
  • Flow (laju aliran fluida)
  • Level (tinggi permukaan cairan), dan
  • Temperatur

Sebagai informasi tambahan, dalam alat instrumentasi industri Petrochemical maupun oil refinery terdapat besaran lain yang dikontrol oleh berat, pH, conductivity, dan lain sebagainya.
Peralatan yang dipelajari pada instrumentasi seperti Controller, Kontrol Valve, Transmiter, dan lain-lain, lalu metode pengukuran 4 besaran proses maupun besaran lainnya, dan teknik sistem pengontrolan proses agar diperoleh respons yang sesuai dengan kontrol yang diinginkan.

Instrumentasi dot Info member of Abi NetWork
(Visited 510 times, 2 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *