Pengetahuan Tentang Peralatan Instrumen Laboratorium Kimia

Diposting pada

Sebelum saya membahas tentang peralatan instrumen laboratorium kimia, sepertinya saya memiliki kewajiban untuk berbagi informasi tentang pemahaman dasar soal laboratorium instrumen yang digunakan sebagai tempat berkegiatan praktikum kimia instrumen, kimia pemisahan lanjut, dan kimia makanan.

Peralatan Instrumen Laboratorium Kimia

Peralatan Instrumen Laboratorium Kimia yang Mendukung Kegiatan Penelitian

Pada peralatan instrumen laboratorium kimia yang mendukung proses penelitian dan pengerjaan adalah:

  • Spektrofotometer UV/VIS,
  • HPLC,
  • GCMS,
  • GC,
  • AAS,
  • COD/BOD,
  • FTIR,
  • Turbidimeter,
  • Centrifuge,
  • Oven atau furnace,
  • Freeze Dryer, serta
  • Water Demineralizer.

Dengan adanya alat instrumen maka dapat membantu dan mempercepat kegiatan di laboratorium berkat terobosan teknologi terbaru dalam bidang laboratorium. Namun tak semua laboratorium memiliki alat yang saya tuliskan di atas karena nominal harga yang dipatok relatif mahal dan kurang terjangkau.

Barangkali peralatan di atas mungkin hanya dimiliki oleh beberapa laboratorium yang besar atau ternama sehingga kemungkinan untuk laboratorium kecil tidak memiliki alat tersebut.

Mengenal Peralatan Instrumen Laboratorium Kimia

Di bawah ini saya ulas beberapa peralatan yang sering digunakan di laboratorium kimia instrumen yang bisa kamu gunakan saat berkegiatan. Peralatan tersebut terdiri atas:

– Spektrofotometer Visibel

Alat ini merupakan alat yang bisa kamu gunakan untuk mengukur absorbi dengan cara melewatkan cahaya dengan panjang gelombang tertentu pada suatu objek kaca atau kuarsa yang disebut kuvet.

Spektrofotometri adalahsebuah metode dalam kimia untuk cara analisis yang dapat untuk menentukan komposisi suatu contoh atau sampel. Cara yang dilakukan baik secara kuantitatif atau kualitatif  dan juga mengukur atau mempertimbangkan interaksi antar materi dengan cahaya.

– Spektrofotometer UV Vis

Berbeda dengan spektrofotometer visibel, pada spektrometer UV Vis bisa bekerja pada range panjang gelombang yang lebih banyak, yaitu dapat mengukur pada panjang gelombang pada range kisaran 200 hingga 1000.

Sedangkan sumber sinar polikromatis itu sendiri mempunyai kegunaanuntuk berbagai jenis rentang panjang gelombang. pada spektrofotometer UV menggunakan lampu deuterium atau heavy hydrogen, lalu pada VIS memakai lampu tungsten yang biasa disebut lampu wolfram, sedangkan pada UV-VIS menggunakan fotodiode yang sudah dilengkapi dengan monokromator.

– Polarimeter

Alat ini ditujukan sebagai pengukur besarnya putaran optik. Sedangkan putaran optic yang dihasilkan tentunya bersumber dari suatu zat yang memiliki sifat optik aktif yang terdapat di dalam larutan.

Jadi, secara garis besar polarimeter merupakan alat yang mendapat desain khusus untuk memolarisasi cahaya oleh suatu senyawa optik aktif agar mendapatkan informasi yang lebih detail.

– pH Meter

Alai ini sering digunakan untuk mengukur derajat keasaman atau pH di suatu bahan. pH meter di samping merupakan jenis alat yang portabel dan sebelum kamu gunakan harus dilakukan kalibrasi menggunakan larutan buffer agar hasil yang diperoleh pengukuran akan ditampilkan lebih akurat.

Berbeda dengan kertas lakmus ataupun pH universal, pada pH meter kamu bisa membaca secara langsung hasil yang ditampilkan di layar. Begitu juga dengan tingkat ketelitian yang lebih akurat, ph meter lebih sering digunakan daripada menggunakan lakmus ataupun kertas indikator yang tingkat ketelitian kurang akurat.

– DO Meter

Alat yang bisa kamu gunakan sebagai pengukur oksigen terlarut.

– Portable Turbidi Meter

Pengukuran tingkat kekeruhan bahan sering menggunakan alat ini.

– TDS Meter

Merupakan alat yang digunakan sebagai pengukur partikel padatan yang larut di air: yang tidak tampak oleh mata telanjang. Banyak atau sedikitnya nilai TDS menentukan parameter kualitas suatu bahan.

– Moisture Balance

Kamu bisa menggunakan alat—yang memiliki istilah lain berupamoisture meter—ini untuk mengukur kelembaban, mengukur derajat kering bahan, dan mengukur kadar air.

– Seperangkat BOD Sensor

BOD atau Biological Oxygen Demandini ditujukan untuk kebutuhan oksigen biologis digunakan untuk memecah bahan buangan di dalam air oleh mikroorganisme.

Sekian informasi yang bisa saya sampaikan terkait peralatan instrumen laboratorium kimia. Semoga ulasan kali ini bermanfaat bagimu dan bisa kamu terapkan dalam praktikum.

Terima kasih dan sampai jumpa di lain waktu.

Instrumentasi dot Info member of Abi NetWork
(Visited 245 times, 10 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *