Macam-Macam Alat Instrumentasi Kelautan Khususnya Instrumen Akustik

Diposting pada

Macam-macam alat instrumentasi kelautan adabanyak. Sebagai pendahuluan, instrumentasi kelautan merupakan uraian yang membahas tentang prinsip, cara, dan teknik kalibrasi berbagai jenis instrumen yang sering digunakan untuk bahan penelitian dan berbagai macam jenis kegiatan kelautan.

Berbeda dengan instrumen yang memiliki arti sebagai alat atau perangkat yang berhubungan dengan pengukuran dan perekaman.

Pada perjumpaan kali ini saya ingin membahas tentang macam-macam alat instrumentasi kelautan yang digunakan dalam instrumentasi arah angin dan kecepatan angin, instrumentasi pengukuran suhu, Disolve Oxigen (DO), ph perairan, kecerahan, sedimen, turbiditas, salinitas, dan lain sebagainya.

Macam-Macam Alat Instrumentasi Kelautan

Sistem Pengukuran Pada Macam-Macam Alat Instrumentasi Kelautan

Macam-macam alat instrumentasi kelautan menyesuaikan dengan perkembangan pengukuran, yang merupakan perkembangan dari sains. Sistem pada pengukuran dan instrumen, serta transduser yang akan kamu gunakan memiliki sifat yang penting dalam kegiatan domestik dan industri.

Pada periode 1930-an, kemajuan instrumentasid alam hal industry sudah cukup maju, Berawal dari pengenalan kepada instrumen untuk memrakondisikan suhu. Demikian juga dengan bidang ilmu kelautan atau perairan.

Akustik merupakan teori yang mengkaji tentang gelombang suara dan perambatannya dalam suatu medium. hydro-acousticdi bidang instrumen kelautan sering digunakan sebagai suatu teknologi untuk mendeteksi bawah air.

Tentunya menggunakan perangkat akustik (acousticinstrument), yang terdiri atas:

  • Echosounder,
  • Fishfinder, dan
  • Sonar atau GPS Map Sounder.

Teknologi ini menggunakan bunyi atau suara untuk melakukan pendeteksian. Hal ini berkaitan dengan pengetahuan tentang kecepatan suara di air adalah 1.500 m per detik, sedangkan kecepatan suara di udara hanya 340 m per detik, maka teknologi ini sangat efektif digunakan di bawah air.

Kemajuan tersebut didukung oleh perkembangan pesat dalam bidang produksi yang telah mendorong kepada kegiatan pengukuran yang berkala: berapa kuantitas, seperti tekanan, aliran, suhu, dan lain sebagainya.

Hal tersebut menjadi latar belakang atas instrumen akustik kelautan, merupakan alat yang berkaitan dengan teori tentang gelombang suara atau akustik dan perambatannya di dalam air laut.

Beberapa alat tersebut sengaja saya uraikan berserta penjelasannya agar kamu mudah memahami tanpa perlu melihat langsung bentuk alat tersebut.

1. GPS Map Sounder

GPS Map Sounder mempunyai berbagai macam jenis kegunaan atau multifungsi, diantaranya adalah untuk memetakan suatu area, lalu dapat menentukan titik koordinat, arah mata angin, kemudian dapat mendeteksi suatu benda atau ikan yang ada di perairan menggunakan suara atau sounding.

Istilah lainnya adalah Sonar atau Sound Navigation and Ranging yang digunakan untuk berkomunikasi di bawah laut, serta berfungsi untuk mendeteksi atau mencari suatu benda yang ada di bawah laut menggunakan kiriman gelombang suara yang nantinya gelombang suara tersebut dipantulkan kembali oleh benda yang akan dideteksi.

2. Fish Finder

Alat yang bernama Fish finder merupakan jenis dari fatometer: kedua jenis alat khusus yang dapat terdengar gema sistem jenis sonar aktif. Demikian pula dengan penggunaan bunyi sebagai pengukuran kedalaman air, jangkaan waktu penggunaan sejarah bahari yang amat panjang.

Sonaraktif digunakan Fish Finder untuk mendeteksi ikan dan dasar laut, serta dapat menampilkannya kepada perangkat tampilan grafis, sering kali layar LCD atau CRT.

3. Echosounder

Merupakan alat yang digunakan untuk mengukur seberapa dalam air laut. Cara kerja dari Echosounder adalah pengukuran ke dalam laut sesuai dengan pulsa getaran suara. transduser kapal akan meneruskan getaran secara vertikal hingga menuju dasar laut.

Kemudian permukaan dasar laut, dilanjutkan ke permukaan dasar laut akan memantulkan kembali pulsa-pulsa tersebut, dan berakhir pada diterimanya suara oleh transduser kapal.

Semoga artikel kali di atas tentang macam-macam alat instrumentasi kelautan sesuai dengan kebutuhanmu.

Sekian dari saya, sampai jumpa di lain kesempatan, dan terima kasih.

Instrumentasi dot Info member of Abi NetWork
(Visited 107 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *