Kenali Fungsi dari Alat Instrumen Laboratorium

Diposting pada

Sebelum beranjak ke pembahasan tentang pengertian alat instrumen laboratorium beserta fungsinya, saya akan mengulas sedikit informasi tentang pengertian laboratorium dan tujuan penggunaan laboratorium.

Umumnya prang-orang mengetahui bahwa laboratorium adalah ruangan yang dipakai sebagai ruangan untukme riset. Keadaan ruangan tersebut biasanya di sekat-sekat oleh dinding – dinding partikel. terdapat alat-alat dan berbagai macam bahan yang digunakan untuk melakukan eksperimen.

Sedangkan ada pernyataan yang berbeda dengan definisi laboratorium, yaitu adalah sebagai salah satu sarana pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, sebagai tempat peserta didik berlatih dan kontak dengan objek yang akan dipelajari secara langsung: melalui pengamatan maupun percobaan.

Pengertian Alat Instrumen Laboratorium

Pengertian Alat Instrumen Laboratorium

Mengenalkan Pengertian Alat Instrumen Laboratorium Beserta Fungsinya

selanjutnya tentang pengertian alat instrumen laboratorium tenyata juga digunakan sebagai penunjang kegiatan praktikum. Dalam hal ini eksperimen di laboratorium yang membutuhkan peralatan khusus dan didesain sesuai dengan keperluan di laboratorium.

Berikut ini saya kenalkan nama-nama lata instrumen laboratorium beserta fungsinya.

– Beaker Glass atau Gelas Beaker atau Gelas Piala

Fungsi: sebagai penampung contoh (sample) bahan sementara ataupun bisa digunakan sebagai penyimpan gas untuk sementara waktu.

– Gelas Ukur

Fungsi: sebagai alat ukur volume dan sebagai contoh Dario bahan cair dengan ketelitian yang rendah.

– Corong Gelas.

Fungsi:

  • Sebagai alat bantu untuk memindah atau memasukkan larutan ke wadah atau tempat yang memiliki dimensi pemasukan contoh (sample) berbahan kecil.
  • Digunakan sebagai tempat meletakkan kertas saring atau lebih tepatnya untuk membantu proses penyaringan.

– Pengaduk Kaca.

Fungsi:

  • Sebagai alat membantu menghomogenkan larutan.
  • Sebagai alat bantu mengalirkan larutan ke dalam corong saat memindahkan atau saat menyaring larutan.

– Rubber Bulb atau Karet Penghisap atau Filler.

Rubber bulb inimempunyai fungsi untuk membantu mengambil larutan kimia yang berbahaya dengan cara penyambungan antar pipa ukur atau pipa volume.

– Pipet Ukur.

Fungsi: berguna untuk mengambil larutan dan mengukur berapa banyak volume pada berbagai skala atau ukuran dengan ketelitian yang tinggi.

– Pipet Volume atau Pipet Gondok.

Pipet jenis ini lebih teliti dari pada pipet ukur biasa. Pipet ini ditujukan untuk alat bantu mengambil bahan eksperimen dan juga mengukur volume larutan yang hanya satu skala ukuran dengan tingkat ketelitian yang tinggi

– Pipet Droping atau Pipet Tetes.

Fungsi: bisa kamu gunakan untuk mengambil bahan dalam jumlah yang sedikit atau tetesan tak ada di skala ukuran volume pada alat ini.

– Labu Ukur atau Labu Takaran atau Labu Alas Datar.

Fungsi:

  • Mengencerkan larutan hingga volume tertentu dengan ketelitian yang tinggi.
  • Membuat suatu larutan dengan volume yang diketahui secara teliti.

– Batang Pengaduk Ujung Spiral

Fungsi: digunakan untuk menghomogenkan larutan kimia.

– Spatula Stainlessteel

Fungsi: digunakan untuk mengambil bahan kimia padat.

Memahami Laboratorium Sebagai Tempat Penelitian

Setelah mengetahui pengertian dari peralatan instrumen laboratorium, maka tidak berbeda pemahaman jika laboratorium dipahami sebagai tempat riset ilmiah, eksperimen, pengukuran atau pelatihan ilmiah dilakukan.

Selain fungsi alat, laboratorium pun memiliki kecenderungan untuk dijadikan sarana kegiatan secara terkendali, seperti mengadakan percobaan, penyelidikan, dan sebagainya yang masih berhubungan dengan ilmu fisika, biologi, dan kimia atau bidang ilmu lainnya.

Secara umum laboratorium bisa diartikan sebagai tempat untuk melakukan percobaan dan penelitian.
Pengertian ini memiliki makna yang lebih luas karena tidak membatasi laboratorium sebagai suatu ruangan, yang berarti seperti kebun, ruang terbuka, lapangan yang bisa menjadi laboratorium.

Demikianlah informasi tentang pengertian alat instrumen laboratorium yang bisa saya bagikan padamu pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sampai jumpa di lain waktu.

Instrumentasi dot Info member of Abi NetWork
(Visited 952 times, 11 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *