Dasar-Dasar Membuat Makalah Instrumentasi

Diposting pada

Seperti yang pernah saya bahas tentang instrumentasi, bahwa instrumentasi merupakan alat yang digunakan untuk pengukuran dan pengendalian di dalam suatu sistem yang lebih kompleks dan lebih besar.
Maka dari itu, untuk memahami instrumentasi ada baiknya membaca ulasan kali ini sebelum kamu bersiap diri untuk membuat makalah instrumentasi.

Makalah Instrumentasi

Makalah Instrumentasi

Poin Penting Pada InstrumentasiDan Langkah-Langkah Untuk Menyusun Makalah Instrumentasi

Pada dasarnya instrumentasi bisa saja berarti sebagai alat yang menghasilkan efek suara, seperti pada musik, akan tetapi secara umum instrumentasi memiliki 3 fungsi utama yang terdiri atas:

  • Sebagai alat analisis,
  • Sebagai alat kendali, dan
  • Sebagai alat pengukuran.

Nah, dalam proses pembuatan makalah instrumentasisering kali diminta untuk mencantumkan beberapa poin penting.
Salah satu poin yang patut kamu perhatikan akan saya ulas di bawah ini.

  1. Instrumentasi sebagai alat kendali banyak kita temukan di dalam bidang elektronika, industri, dan pabrik-pabrik.
  2. Instrumentasi sebagai alat analisis bisa kita jumpai di bidang kimia dan kedokteran.
  3. Instrumentasi sebagai alat pengukur meliputi, statistik atau instrumentasi survei, instrumentasipengukuran suhu, dan lain sebagainya.

Langkah-langkah untuk menyusun makalah instrumentasi:

Untuk membuat makalah sebaiknya mengikuti susunan makalah yang sudah ada. Makalah akan lebih mudah di pahami jika kita telah mengelompokkan bab-bab pembahasan dan poin-poin penjelasnya.
Nah untuk membuat makalah instrumentasi ini, kamu dapat mengikuti susunan sebagai berikut:

1. Membuat halaman judul

Pada halaman ini kamu bisa saja mengembangkan ke template yang lebih kreatif, sebuah cover makalah sekarang ini tidak diharuskan dengan format yang kaku.
Bahkan, semakin menarik cover kamu maka akan semakin besar kemungkinan makalah kamu untuk dibaca.

2. Membuat halaman kata pengantar

Dalam hal ini kamu bisa membuat kata pengantar tentang instrumentasi yang ingin kamu teliti atau kamu buat serta latar belakang kenapa kamu ingin meneliti.

3. Daftar isi

Susun daftar isi dengan rapi agar orang yang membacanya dapat lebih mudah untuk menelaah. Di dalam halaman daftar isi ini kamu juga sebaiknya menyertakan halaman kata pengantar di dalam daftar isinya. Agar tidak membingungkan.

4. Bab pendahuluan

Ini lain dengan kata pengantar, di dalam bab ini kamu lebih membahas dengan detail tentang apa yang kamu teliti, tetapi tidak semuanya. Di bab ini sebaiknya kamu membahas permukaan instrumentasi yang ingin kamu teliti dan bagaimana kamu akan meneliti.

5. Bab pembahasan

Nah di dalam bab ini baru kamu akan membahas atau melanjutkan bab pendahuluan tentang bagaimana kamu meneliti dan bagaimana pembahasannya.

6. Penutup

Dalam bab ini kamu bisa menambahkan kesimpulan dan hasil akhir atas penelitian kamu.

Pengetahuan Tambahan Tentang Sistem Pengendali Pada Instrumentasi

Pada sistem pengukuran, kendali, dan analisis dalam bidang instrumentasi kali ini bisa kamu lakukan secara manual yang hasilnya bisa kamu baca dan ditulis tangan. Akan tetapi dapat juga kamu lakukan secara otomatis yang melibatkan peran komputer dalam pembuatannya, seperti sirkuit elektronik.
Selanjutnya, untuk jenis yang kedua ini, keberadaan instrumentasi tidak dapat dipisahkan dengan bidang elektronika dan instrumentasi itu sendiri.
Instrumentasi sebagai alat pengukur acapkali merupakan bagian awal atau bagian depan dari sebuah bagian-bagian selanjutnya atau bagian kendalinya, serta bisa berupa pengukur dari keseluruhan jenis besaran fisis, kimia, mekanis, ataupun besaran listrik.
Sebagai contoh  di antaranya adalah pengukur, yaitu masa, panjang, luas, waktu, sudut, suhu, tekanan, kelembaban, aliran, pH (keasaman), radiasi, level, cahaya, suara, kecepatan, sifat listrik yang meliputi:

  • Arus listrik;
  • Tegangan listrik;
  • Tahanan listrik,
  • Torque,
  • Density,
  • Viskositas, dan lain sebagainya.

Nah, bagaimana, kamu sudah mengetahui poin dasar dari pemahaman instrumentasi? Jika sudah, silakan melanjutkan proses pembuatan makalah instrumentasi.
Semoga bermanfaat, terima kasih, dan sampai jumpa di lain kesempatan.

Instrumentasi dot Info member of Abi NetWork
(Visited 15 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *