Jenis, keuntungan dan kerugian Balanced Relief Valve

Diposting pada

Pengertian Balanced Relief Valve

Balanced Relief Valve Dalah salah satu jenis Relief Valve yang termasuk Spring Loaded Valve yang dirancang agar mampu mengurangi pengaruh Back Pressure dengan metode ” performing character ” yang meliputi :

  • Opening pressure,
  • Close pressure,
  • Lift capacity,
  • Releiving capacity.

Jenis Balanced Relief Valve

Terdapat dua jenis Balanced Relief Valve, yaitu:

  1. Tipe Piston dan
  2. Tipe Bellows.

Jenis, keuntungan dan kerugian Balanced Relief ValvePada tipe piston, “guide” diberi vent dengan demikian Back Pressure pada bagian yang berlawanan dapat dibuat saling meniadakan.

Bagian atas piston mempunyai luasan ((Ap) yang sama dengan luasan bagian seat nozzle (An), serta dilengkapi dengan venting ke udara pada Bonnet-nya.


Effective Bellow Area (Ab) pada tipe Bellow dibuat sama dengan Nozzle Seat Area (An) dengan demikian efek backBack Pressure yang berasal dari begian atas Disk area dapat dihilangkan, sehingga tidak terdapat “unbalanced force” pada tekanan down stream.

Pada tipe Bellow, bellow akan menutup seluruh “disk guide” sehingga akan menghilangkan efek gaya fluida yang berasal dari Bonnet.

Keuntungan dan kerugian Balanced Relief Valve

Keuntungan Balanced Relief Valve

Sangat tepat untuk mengatasi masalah bila terjadi variasi perubahan back pressure (outlet valve dihubungkan dengan dengan header).

Kerugian Balanced Relief Valve

1. Semua kerugian yang timbul pada jenis Conventional Safety Valve dapat terjadi pada Balanced Relief Valve, kecuali dapat mengatasi masalah variasi back pressure pada outlet.

2. harga lebih mahal dariConventional Safety Valve.

Selanjutnya jenis dari Relief Valve adalah:
Instrumentasi dot Info member of Abi NetWork
(Visited 44 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *