Sub Suface Safety Valve (SSSV)

Diposting pada

Sub Surface Safety Valve di sebut juga sebagai Down Hole Safety Valve atau Tubing Safety Valve, yang dipasang pada pipa tubing di dalam sumur.

Sub Surface Safety Valve berupa Ball Valve atau Flapper Valve yang bekerja dengan tenaga hidrolik dari suatu Hydraulic Control Unit.

Pemasangan dan operasi dari Sub Surface Safety Valve biasanya berhubungan dengan kondisi yang sangat berbahaya/darurat, misalnya Chrismast Tree ambruk / rusak oleh suatu sebab.

Dalam keadaan tersebut, valve ini akan membantu secara otomatis menutup, sehingga aliran minyak atau gas dari dalam sumur akan terhenti.

Cara Kerja Sub Surface Safety Valve (SSSV)

Sub Surface Safety Valve

Dalam keadaan normal, valve ini ada dalam posisi menutup, yaitu akibat terangkatnya piston oleh pegas yang sangat kuat.

Apabila tenaga hidrolik diberikan di bagian atas piston, maka tekanan ini akan melawan kekuatan pegas dan mendorong piston bergerak ke bawah.  

Gerakan piston ke bawah akan memutar Ball Valve hingga terbuka. Tenaga hidrolik dikirim ke SSSV melalui collins3 Way Valve, demikian juga tekanan udara ke pompa pneumatik.

Tekanan udara ke colins 3 Way Valve di kontrol oleh sigma3 Way Valve, Relay Valve, pilot serta sensor.

Apabila salah satu pilot atau sensor bocor, maka tekanan udara pada Relay Valve Actuator akan keluar (exhaust).

Akibat tekanan hidrolik berhenti dan oli hidrolik pada SSSV akan kembali ke tanki, dan SSSV akan menutup.

Besarnya tekanan hidrolik ini dapat diatur dengan mengatur tekanan udara yang masuk ke pompa pneumatik. Dengan demikian pompa pneumatik ini tidak harus bekerja terus menerus, melainkan sesuai dengan kebutuhan.

Surface Safety Valve dan SSSV merupakan kelengkapan pengamanan pada sumur-sumur minyak atau gas, yang dioperasikan bersama-sama.

Kedua Safety Valve ini saling menunjang dan merupakan bagian dari Well Head Platform Safety dan Shutdown.

Oleh sebab itu kehandalan kedua sistem ini harus benar-benar terjamin, sehingga pengoperasian sumur-sumur minyak benar-benar dalam tingkat keselamatan yang tinggi.

Perawatan instalasi Shutdown System dan bagian-bagiannya harus benar-benar diperhatikan sesuai dengan norma-norma keselamatan kerja yang berlaku.

Instrumentasi dot Info member of Abi NetWork

(Visited 64 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *