Sifat-sifat Umum Sistem Alarm dan Interlock

Diposting pada

Sistem Alarm dan Interlock

Walaupun kenyataannya pelaksanaan implementasi dari sistem alarm dan interlock shutdown tergantung pada prioritas yang dipilih, tetapi dalam perancangan dan pembuatannya biasanya masih berpedoman pada sifat-sifat umum berikut:  

Sistem Alarm dan Interlock
  1. Sistem shutdown dibuat sederhana dan mudah di mengerti, dengan tujuan agar operator tidak kesulitan dan melakukan bypass terhadap sistem yang membahayakan.
  2. Sistem dibuat agar kalibrasi dan pengujian dapat dilakukan tanpa mengganggu produksi.
  3. Dokumentasi harus dibuat jelas dan mudah dimengerti baik oleh operator maupun teknisi maintenance.
  4. Sistem interlock dibuat sehingga perubahan process variable yang mempengaruhi sistem interlock dapat dengan mudah membuat sistem bekerja.
  5. Sistem interlock dibuat terpisah dengan sistem control.
  6. Alarm peringatan selalu dibuat sehingga operator mempunyai waktu yang melakukan perbaikan sebelum terjadi shutdown.
  7. Sistem dibuat sehingga operator tidak mudah melakukan bypass. Fungsi dari operator harus dibatasi hanya untuk mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk start-up ataupun maintenance dan hanya mengoperasikan tombol tertentu seperti reset, start dan stop. Operator tidak boleh mengubah set point dari alarm dan shutdown ataupun mengubah sekuens shutdown.
  8. Sistem alarm dan interlock dibuat sehingga menghasilkan sistem fail-safe.
  9. Sakelar-sakelar manual untuk motor, valve, dan sebagainya dibuat sehingga tidak mem-bypass sistem interlock, kecuali untuk kepentingan pemeliharaan (maintenance).
  10. Sumber daya (supply) untuk sistem-sistem logika dan (fuse) yang terpisah antara peralatan-peralatan input maupun peralatan output.
  11. Bila diperlukan bypass, misalnya untuk start-up, maka bypass ini harus dapat reset kembali dan diberikan alarm/petunjuk bahwa bypass sedang dilakukan.
  12. Bila diperlukan dapat digunakan sumber daya lebih dari satu (redudant).
Sistem Alarm dan Interlock Skema

Instrumentasi dot Info member of Abi NetWork

(Visited 55 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *