Pengertian Alarm dan Shutdown System

Diposting pada

Alarm dan Shutdown System, Tujuan dan Fungsi

Alarm dan shutdown system ~ Sistem-sistem alarm dan interlock terutama dibuat untuk menjaga keselamatan pekerja dan peralatan-peralatan pendukung. Semakin besar suatu sistem, maka sistem alarm dan interlocknya akan semakin banyak dan rumit.

Sistem alarm dan interlocknya ini akan dapat membuat sebuah sistem menjadi shutdown bila terdapat hal-hal yang tidak dikehendaki dan membahayakan.

Ini berarti produksi menjadi terhenti dan tentunya mengakibatkan kerugian.

Alarm dan Shutdown System

Suatu sistem alarm dan interlock yang baik adalah yang dapat memberikan pengamanan terhadap pekerja dan peralatan- peralatan yang lain, tetapi juga memungkinkan hasil produksi yng maksimum.

Prioritas Keselamatan

Prioritas terhadap keselamatan yang ingin dicapai turut menentukan jenis dan rancangan sistem alarm dan interlock.

Sebagai contoh dari prioritas ini diberikan sebagai berikut: 

  • Prioritas Pertama adalah Keselamatan Pekerja,
  • Prioritas kedua adalah keselamatan peralatan-peralatan,
  • Prioritas ketiga adalah kelangsungan produksi,
  • Prioritas ke empat adalah harga. 

Adanya prioritas ini membuat sistem alarm dan interlock untuk berbagai penerapan dalam suatu sistem dapat berbeda-beda.

Rancangan Sistem

Di bawah ini beberapa rancangan sistem alarm dan shutdown system interlock yang mempengaruhi prioritas- prioritas diatas.

Instrumen-instrumen untuk keperluan alarm yang betul-betul terpisah dari instrumen-instrumen untuk keperluan interlock/shutdown akan memberikan pengamanan yang baik terhadap pekerja dan peralatan-peralatan, tetapi harganya menjadi mahal. Bila sistem dirancang dengan baik, maka sistem ini tidak akan banyak menghambat kelangsungan produksi.

Fungsi-fungsi alarm dan interlock/ shutdown yang disatukan dalam satu instrumen yang sama akan memberikan harga yang murah.

Sistem interlock/ shutdown yang bekerja secara normallyenergizes, sehingga sistem akan fail-safe, akan memberikan pengamanan yang optimal terhadap pekerja dan peralatan serta hanya berpengaruh sedikit terhadap harga.

Sistem yang bekerja secara normally deenergized adalah sistem yang lebih memprioritaskan kelangsungan operasi dari pada pengamanan terhadap pekerja dan peralatan.

Sistem yang bekerja dengan menggunakan dua atau lebih peralatan yang dioperasikan untuk menghasilkan shutdown (redudant system) akan memberikan pengamanan yang optimal terhadap keselamatan pekerja, peralatan, dan kelangsungan produksi.

Sistem alarm dan shutdown system interlock yang dibuat paralel sehingga shutdown terjadi bila salah satu peralatan merasakan kondisi tidak normal, adalah sistem yang memberikan prioritas utama terhadap keselamatan pekerja dan peralatan.

Instrumentasi dot Info member of Abi NetWork

(Visited 26 times, 1 visits today)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *